Utas Gita: Pure Data

with No Comments

Utas Gita Pure Data

Bulan ini dengan bangga saya mengumumkan bahwa Utas Gita kembali lagi dengan edisi terbaru game piece berbasis komposisi kolaboratif: Pure Data.

Game piece yang dirancang untuk 8 pemain, dan dikembangkan oleh saya dan komposer Arham Aryadi ini telah mengalami beberapa kali modifikasi. Semenjak versi pertama, yaitu Gumlau diperkenalkan pada tahun 2017, Utas Gita telah menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta melalui versi Baur, Interplay, dan Phase Music.

Baca: A Definitive Guide On Utas Gita Game Piece: Gumlau, Baur & Phase Music

Dengan menggunakan kombinasi alfabet dan empat kategori elemen Gulir Bunyi yaitu Motif, Sound, Random, dan Repetisi, Pure Data merupakan edisi kelima dari Utas Gita yang tidak menggunakan sumber bunyi organik. Pure Data (Pd) adalah sebuah aplikasi program untuk visual dan audio yang berbasis open source, dan menggunakan oscillator dari komputer sebagai sumber bunyi untuk kemudian diproses lebih lanjut.

Workshop ini dibuat secara serial, dan bagian pertama akan dibahas semua dasar-dasar untuk menggunakan dan menciptakan sebuah rancangan melalui Pd, dan menggunakannya sebagai elemen dari sebuah komposisi kolektif. Pengembangan dalam hal ini tidak terbatas, dan seperti dalam Utas Gita dan game piece Gulir Bunyi lainnya, dibutuhkan imajinasi dan kreatifitas dari peserta untuk menciptakan suatu hal yang baru, sambil saling berinteraksi melalui bunyi. (DJ)

Utas Gita: Pure Data

Kamis, 28 Maret 2019. iCanstudiolive

Jl. Erlangga V no.14 – JakSel

RSVP only to IG @gulirbunyi

 

 

Leave a Reply