Improvisasi Bunyi Sound Lab – Kolaborasi Adra Karim & Dion Janapria

with No Comments

Wiyata Sound Lab: Workshop Kolaborasi Adra Karim & Dion Janapria

Pada bulan Februari ini, saya ingin mempresentasikan sebuah program kolaborasi yang dibungkus dalam kategori Gulir Bunyi-Wiyata. Workshop Sound Lab berawal pada pertengahan 2017 ketika saya dan Adra Karim merencanakan untuk membuat sebuah rangkaian workshop improvisasi bunyi yang berfokus pada kontur, tekstur, dan kontras.

Seperti pada Gulir Bunyi, workshop ini dirancang untuk semua jenis instrumen – tapi tanpa menggunakan flash cards. Dalam rancangan kami, workshop ini harus dapat diadakan secara sederhana tanpa menggunakan kartu bantu, dan hanya mengandalkan serangkaian instruksi yang terdiri dari gambar, gerakan tangan dan gestur melalui bunyi.

Respon dalam Sound Lab ditentukan oleh kategori bunyi yang dimainkan oleh peserta lainnya. Pitch tinggi, atau dinamika tinggi, dalam hal ini diartikan sebagai kontras atau instruksi untuk memainkan elemen pitch rendah dan dinamika rendah. Dalam hal kontur dan tekstur misalnya, isyarat dari elemen yang telah disepakati merupakan tanda untuk pemain lain memainkan sebuah rangkaian tema yang spesifik dirancang untuk elemen tersebut.

Selain melatih respon dan awareness peserta, Sound Lab merupakan workshop kolaboratif pertama Gulir Bunyi, dengan dua pemateri; saya dan Adra sekaligus. Masing-masing pemateri disini berfungsi untuk mengarahkan dan memberi instruksi terpisah atas dua atau tiga grup peserta workshop.

 

Wiyata: Sound Lab

Sound Improvisation Workshop

Kamis, 28 Februari 2019

7pm – 9pm

iCanStudioLive – Jl. Erlangga V No. 14 Jaksel

RSVP: 081387625512

Free Workshop

Outline Workshop:

Sesi 1 – Kontras

Pada sesi ini peserta diinstruksikan untuk memainkan elemen bunyi yang kontras dari yang dimainkan sebelumnya. Melalui pitch, kontur not, dinamika, dan intensitas melodi improvisasi, peserta dalam unit berlawanan harus memainkan sebuah respon yang berlawanan 180′ dari bunyi sebelumnya. Elaborasi terdapat pada komponen bunyi, dan instruksi dari pemateri.

Sesi 2 – Pitch

Sesi ini digunakan untuk melatih koordinasi dan awareness, dengan meminta peserta untuk memainkan 3 hingga 8 not berbeda dalam not panjang. Pada downbeat, semua peserta harus memilih satu not, dan mengalterasi not-not ini dengan memperhatikan jumlah not yang dibutuhkan. Antar peserta akan bertukar not, sesuai dengan instruksi dari pemateri.

Sesi 3 – Kolektif

Peserta duduk melingkar, bertujuan untuk membuat satu rangkaian melodi kolektif yang terus berubah seiring dengan putaran jarum jam. Bermula dengan satu not, dua not, hingga 5 not, peserta dalam hal ini melatih awareness dalam memilih nada yang akan dimainkan sesuai dengan narasi kelompok. Intensitas, tempo, dan kontras pitch dalam hal ini akan dimodifikasi melalui gestur tangan pemateri.

Sesi 4 – Respon

Melalui sesi ini, peserta akan menghafal sejumlah tema melodi yang disepakati sebagai respon, atas simbol bunyi yang dikeluarkan oleh pemateri. Simbol dibagi menjadi 4 kategori seperti nada tertentu, elemen random, bunyi acak, serta frekuensi rendah; dimana bunyi tersebut dapat merupakan gabungan dari beberapa elemen sekaligus. (DJ)

 

Workshop ini terbuka untuk semua jenis instrumen, umur, dan latar belakang musik. Kehadiran by RSVP only-hubungi untuk pendaftaran dan info lainnya.

Leave a Reply