Harimau! Harimau! Soundpainting & Improvisation Workshop

with No Comments
Edisi ke-3 game piece Gulir Bunyi: Harimau! Harimau! di iCanStudioLive Jakarta.

Hampir 3 tahun sudah public workshop Gulir Bunyi diadakan di iCanStudioLive, dan selama kurun waktu tersebut sudah terdapat lebih dari 5 variasi game piece Gulir Bunyi.

Harimau! Harimau! merupakan sebuah workshop soundpainting dan improvisasi bunyi yang dibuka untuk semua instrumen dan ditujukan untuk publik, diadaptasi dari novel Harimau! Harimau! – Mochtar Lubis. Peserta dari beragam latar belakang telah mengikuti dan mengalami langsung proses penciptaan musik yang spontan dan kolaboratif. Baik dari profesi musisi maupun non-musisi; dokter, pengacara, karyawan bank, mekanik, dari rentang umur 14 – 57 tahun.

Pandangan bahwa penggunaan musik sebagai bentuk karya pertunjukan saja tidak cukup. Workshop Gulir Bunyi telah membuktikan bahwa aktivitas bermusik tidak harus selalu dibakukan dalam pertunjukan, namun dapat juga mengakomodir aktivitas sosial sebagai sarana berinteraksi dan berkomunikasi melalui medium bunyi, salah satunya melalui permainan-permainan grup.

Metode yang dipakai bisa menggunakan kartu main, simbol tangan, gestur, kata kunci, yang dimaknai sebagai konvensi atas sebuah tindakan tertentu. Game piece Werewolf dan Harimau! Harimau! masing-masing didasari oleh sebuah narasi dan permainan grup, yang mengikuti alur cerita utama dalam proses permainan yang interaktif. Setiap peserta disini dapat mengambil andil untuk menentukan jalannya permainan.

Harimau! Harimau!, dalam hal ini diadaptasi dari novel karangan Mochtar Lubis yang terbit pada tahun 1975 dengan judul Harimau! Harimau!.

Sinopsis singkat:

Harimau! Harimau! dapat dibaca sebagai sebuah cerita petualangan di rimba raya oleh sekelompok pengumpul damar yang diburu oleh seekor harimau yang kelaparan. Selama berhari-hari mereka mencoba menyelamatkan diri. sementara seorang demi seorang di antara mereka jatuh menjadi korban harimau.

Pada tingkat lain, terjadi pertentangan batin di antara mereka di bawah tekanan harimau yang terus menerus memburu. Ketika salah satu dari mereka sekarat diterkam harimau, beberapa dari mereka mulai percaya kalau harimau itu adalah utusan Tuhan untuk membalaskan dosa-dosa yang telah mereka perbuat.

Hal ini menimbulkan konflik di antara mereka, dan satu pihak menuntut agar masing-masing mengaku dan bertobat atas dosa-dosanya tapi ada pula yang tidak mau karena menganggap dosa adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Grup pun terpecah, namun atas inisiatif tokoh protagonis: Buyung, mereka memutuskan  untuk memburu harimau itu. Dalam proses perburuan sang pemimpin grup yang merupakan ahli silat dan ilmu gaib, Wak Katok, takut bahwa rahasia tergelapnya akan diketahui orang. Ketika rahasianya akhirnya terbongkar, Wak Katok menyusun rencana untuk membunuh teman- temannya.
Pada akhir cerita, setiap anggota pengumpul damar ini masing-masing menyimpan 1-2 rahasia yang sangat gelap dalam hidup mereka. Di antara konflik dari refleksi pribadi, tekanan kelompok, dan ancaman harimau, dosa dan penebusan diri adalah simbolisme harimau yang harus mereka bunuh terlebih dahulu, sebelum mereka dapat membunuh harimau buas yang mengancam jiwa mereka”
Pada Harimau! Harimau! terdapat mode permainan yang diurutkan secara kronologis:
1. Pengumpulan damar – Opening dan penegasan tema bunyi.
2. Mode Telusur – Pemburu pulang menuju sungai Kayu Putih membawa damar dan rusa buruan, menuju ke kampung mereka yang 7 hari berjalan jauhnya.
3. Mode Perburuan – Salah satu dari pemburu, yaitu pak Balam diterkam harimau, dan mulailah timbul konflik, kecurigaan, dan ketakutan antar anggota kelompok ini.
4. Mode Serbu – Ketika harimau menyerang, grup ini berusaha untuk membunuh harimau itu dengan tetap menjaga diri mereka masing-masing dari ancaman pemburu lainnya.
Untuk memainkan keempat mode ini, dibutuhkan durasi sekitar 25-30 menit. Permainan berakhir jika harimau telah dapat dibunuh, atau jumlah harimau dan pemburu sama besarnya.
Untuk aturan lengkap per-mode, beserta simbol kartu dan tangan dari permainan Harimau! Harimau! dapat diunduh PDFnya:

 

Harimau! Harimau!
Workshop Soundpainting & Improvisasi Bunyi oleh Dion Janapria
8 November 2019 – iCanStudioLive Jakarta
Start 7pm. RSVP 0813-87625512

Leave a Reply