Gulir Bunyi di iCanStudioLive: Kolaborasi Edukasi Seni dan Budaya

with 2 Comments

Tidak terasa sudah lebih dari satu tahun terakhir ini saya mengadakan beragam program Gulir Bunyi di iCanStudioLive. Studio multimedia yang berlokasi di Jalan Erlangga V no.14, Jakarta Selatan ini telah menjadi laboratorium Gulir Bunyi, dan juga bagi sekian banyak tamu pembicara yang terlibat dalam Utas Gita dan Wiyata, dalam rangka menjembatani ilmu pengetahuan musik kepada publik. Karenanya saya bersyukur atas support Lucy Willar dan Irsan Wallad, serta para teknisi di iCanStudioLive atas dukungan mereka sehingga program ini dapat berjalan secara konsisten dan reguler sejak bulan Juni 2017 lalu.

Adalah menjadi misi saya melalui program ini, untuk mengangkat ilmu pengetahuan yang baru. Meskipun kadang tidak konvensional, namun bernilai tinggi bagi perkembangan musik di Indonesia. Begitu banyak teman-teman di bidang industri kreatif (musik) dengan gagasan dan daya inovasi tinggi yang belum pernah tersentuh dan dieksplorasi oleh golongan akademisi; dan karenanya saya berharap Gulir Bunyi, melalui program Gulir Bunyi improvisation workshop, Utas Gita dan Wiyata dapat memberikan kontribusi pada bidang edukasi seni musik dan budaya.

Ranah akademik formal, tempat dimana saya berkarir selama hampir15 tahun terakhir (dan masih sampai sekarang), merupakan teritori yang tergolong rigid; lambat merespon bentuk-bentuk baru inovasi seni dan teknologi. Di lain sisi, format Gulir Bunyi yang lepas, bersifat kolaboratif dan partisipatoris merupakan bentuk yang ideal untuk melengkapi keterbatasan tersebut.

Maka fungsi dari community school disini yaitu menjadi jembatan antara akademisi, profesional, dan publik luas. Excess dan sumber daya, hasil dari perkembangan yang begitu cepat di era digital membutuhkan cara-cara baru untuk meneruskan informasi dan ilmu pengetahuan dengan efektif. Di sanalah tempat dimana peran para edukator seharusnya dioptimalkan melalui bingkai yang lepas dan cara berpikir yang progresif, dalam memajukan seni dan kebudayaan manusia. (DJ)


Upcoming:
Gulir Bunyi Music Improvisation Concept
A Workshop by Dion Janapria
28 September 2018 iCanStudioLive starts 7pm
Free admission by RSVP

 

2 Responses

  1. Angie
    | Reply

    Bisa minta tolong diinfokan by email jika ada workshop improvisasi lagi? Sangat tertarik utk ikut. Sayangnya baru tau ketika waktu sudah mepet sekali.. Thanks..

    • gulirbunyi2017
      | Reply

      Ok nanti akan sy update di email. Biasanya info terbaru dishare via IG sy dionjanapria_
      atau subscribe blog notification.

Leave a Reply