Gulir Bunyi Short Course Program: Film Scoring & Music Illustration

with No Comments
Gulir Bunyi Short Course: Film Scoring & Music Illustration oleh Aghi Narottama

Bulan Oktober ini menjadi momen yang kami tunggu, dan juga bagi para peserta course Film Scoring & Music Illustration: program short course Gulir Bunyi yang diadakan di UIC College BSD Campus. Kelas hari Sabtu tanggal 19 kemarin merupakan kelas pertama dari rangkaian 8 kelas film scoring, yang akan berlanjut hingga 22 November nanti.

Setelah mengadakan lokakarya Behind The Music & Sound of Gundala bersama sutradara Joko Anwar, Rooftopsound, dan Crossfade Audiopost bulan September lalu, program short course Film Scoring & Music Illustration merupakan inisiatif dari Gulir Bunyi, Aghi Narottama, dan UIC College BSD untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri kreatif khususnya di bidang ilustrasi musik untuk film.

Industri perfilman Indonesia yang sedang bergairah dalam dua tahun terakhir ini, pada kenyataannya masih sangat membutuhkan para talenta baru yang mampu berkarya dengan kreatif dan mempunyai etos kerja yang baik sebagai film score composer.

Dalam kelas pertama ini, Aghi Narottama menjelaskan struktur dari sebuah produksi film. Seorang film composer perlu memahami betul susunan dan workflow dalam produksi film, karena natur dari bidang ilustrasi musik dalam film sangat bersifat inter disiplin ilmu. Menurut Aghi, ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami oleh para film composer yang baru meniti karirnya.

Pada pertemuan ini ia juga menjelaskan bagaimana seorang film score composer membaca tempo, mengenal karakter-karakter dalam film, dan menterjemahkan warna film yang terdapat pada interpretasi naskah dan gambar, yang berkaitan erat dengan pemilihan instrumentas dan intensitas ilustrasi.

Kelas berikutnya akan diadakan di Rooftopsound studio di Cilandak hari Jumat nanti untuk kegiatan lab praktek dan presentasi. Pada program short course yang berdurasi 4 minggu dengan 8 kali pertemuan ini, peserta diharapkan untuk mampu membuat sebuah ilustrasi musik lengkap untuk film pendek pada akhir course. Aspek pembelajaran teknis dan non-teknis akan dipenuhi dalam program yang intensif, melalui suasana belajar yang akrab dan kompetitif. Durasi kelas 3 jam per-hari pun terasa berlalu dengan cepat, karena begitu banyak hal baru yang menarik pada bidang ilmu industri yang diramalkan akan mendominasi industri kreatif Indonesia di masa mendatang.

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti batch berikutnya di bulan Februari nanti (tempat terbatas), silakan baca info lengkapnya di bit.ly/gbfilmscoring dan berlangganan newletter kami di courses.gulirbunyi.com

Artikel ini berasal dari subdomain kami courses.gulirbunyi.com untuk program short course dengan Aghi Narottama & UIC College BSD.

Leave a Reply